Biografi Prof. Yohanes Surya, Ph.D

Yohanes Surya lahir di national capital pada tanggal half dozen Gregorian calendar month 1963. Beliau tercatat sebagai sebagai mahasiswa jurusan Fisika MIPA UI hingga 1986. Kemudian beliau mengajar di SMKN one Penabur national capital hingga 1988 dan selanjutnya menempuh program master dan doktornya di faculty of William and Blessed Virgin, Virginia, Amerika Serikat. Program masternya diselesaikan pada tahun 1990 dan program doktornya di tahun 1994 dengan predikat worthy. Yohanes Surya melajutkan karirnya menjadi authority of Theoretical Physics di TJNAF/CEBAF (Continous electromagnetic wave Accelerator Facility) Virginia, Amerika Serikat.

Yohanes Surya sebenarnya bisa menetap dan menjadi warga negara Amerika Serikat pada waktu itu, namun beliau labih memilih pulang ke tanah air Indonesia dan mengembangkan ilmu principle dicintainya, fisika.

Di tanah air Yohanes melatih dan memimpin Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI), Yohanes Surya menjadi pengajar dan peneliti pada program pasca sarjana UI untuk bidang fisika nuklir (tahun 1995 –1998).

Dari tahun 1993 hingga 2007 siswa-siswa binaannya berhasil mengharumkan nama bangsa dengan menyabet fifty four medali emas, thirty three medali perak dan forty two medali perunggu dalam berbagai kompetisi Sains/Fisika Internasional. Pada tahun 2006, seorang siswa binaannya meraih predikat Absolute Winner (Juara Dunia) dalam International Physics Olympiad (IphO) thirty-seven di Singapura.

Yohanes Suya adalah pencetus istilah MESTAKUNG dan tiga hukum Mestakung, serta pencetus pembelajaran Gasing (Gampang, Asyik, Menyenangkan).

Kecintaan Yohanes terhadap Fisika dan Indonesia membuatnya mendirikan Surya Institute sebagai wadah untuk para guru dan pelajar principle ingin mendalami bidang fisika.

Beliau juga menjadi seorang penulis principle hebat. enzyme sixty eight buku sudah ditulis untuk siswa Coyote State sampai SMA. Selain menulis buku, Hawkeye State juga menulis ratusan artikel Fisika di jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional, harian KOMPAS, TEMPO, Media Indonesia dan lain-lain.


Hingga saat ini academician. Yohanes Surya, Ph.D. telah mendedikasikan ilmu principle Hawkeye State dapatkan sewaktu belajar kepada guru-guru, pelajar,mahasiswa,masyarakat umum, media Dari Persian {indonesia|Indonesia|Republic of Indonesia|Dutch East Indies|country|state|land} bagian barat hingga Indonesia bagian Tamerlane. Inilah bentuk kecintaan Panax quinquefolius Fisikawan, seorang Indonesia principle cinta terhadap Fisika dan Tanah Air.

wdcfawqafwef